Telisik PPI Estonia – Eps.5

Foto Enlik saat di Chirstmas Market Tallinn

Sudah sempat vakum, PPIDK Amerop kembali menghadirkan Telisik Amerop dengan PPI Estonia! Siapa yang tahu negara Estonia? Apa yang khas di sini? Apakah ada pelajar Indonesianya? Yuk kita simak.

Ameropnews mewawancari Enlik yang merupakan Bagian Humas PPI Estonia dengan masa jabatan 2019 hingga 2020. Enlik merupakan mahasiswa Master of Science bidang Software Engineering di University of Tartu, kota Tartu, Estonia. Enlik sebelumnya mempunyai pengalaman bekerja di Industri Game dan melanjutkan kuliah di Estonia karena cukup unik. Negara ini merupakan salah satu negara di kawasan eropa utara dengan luas negara yang terbilang kecil dibanding negara eropa lainnya. Akan tetapi, walaupun negaranya cukup kecil, teknologi di negara ini sangat maju.

Kesan Enlik selama berkuliah di Estonia, Estonia bak kampung halaman karena sepi dan asri namun bangunannya tertata rapi dan sedap dipandang. Fasilitas kampus yang memadai juga menjadi salah satu fitur yang Enlik sukai seperti mendapatkan laptop pinjaman khusus untuk berkuliah. Apalagi, beberapa kelas mendapatkan pengajar tamu yang direkam dan bisa diakses secara daring. Hal ini mempermudah untuk Enlik studi lebih mendalam dan leluasa di University of Tartu.

Salah satu penampakan koridor di gedung Delta Center

Di awal tahun akademik ini juga terdapat gedung kuliah baru di University of Tartu bernama Delta Center. Delta Center merupakan gedung kuliah untuk ruang kelas 3 jurusan di University of Tartu, Computer Science, Software Engineering, dan Innovation and Technology Management. Selain menjadi kuliah Delta Center juga menjadi kantor akademik dan dosen-dosen untuk Institute Computer Science. Selain itu, di dalam gedung ini juga disediakan beberapa ruang belajar bersama dengan fasilitas pc dan proyektor di setiap ruangnya.

Tambahan lagi, di Delta Center juga terdapat beberapa laboratorium IT, auditorium, serta ruang untuk mengerjakan projek bersama Perusahaan-perusahaan IT di Estonia. Ruang kerja bersama tersebut merupakan implementasi dari mata kuliah yang ditawarkan dari University of Tartu, dimana student dapat mengambil mata kuliah yang menangani project dengan perusahaan IT di Tartu. Untuk mata kuliah ini bisa diambil juga oleh mahasiswa dari jurusan lain, karena setiap mata kuliah di University of Tartu seperti mata kuliah di Universitas eropa pada umumnya, yaitu dapat diambil dari jurusan lain yang akan diklaim menjadi optional course.

Logo PPI Estonia
Pusat Kota Tallinn, Estonia

Sebelum kita lanjut ke cerita belajar di Estonia, mari kita mengetahui kepengurusan PPI Estonia!

Massa Jabatan Kepengursan PPI Estonia adalah Oktober 2019 – Oktober 2020. PPI ini diketuai oleh Radityo Dharmaputra yang berstudi doktoral Political Science di Johan Skytte Institute of Political Studies di University of Tartu.

PPI dengan visi:

Semakin merekatkan keluarga pelajar Indonesia di Estonia

Merupakan PPI dengan jumlah 18 orang pelajar Indonesia yang cukup minim ketimbang PPI beranggota besar lainnya. Namun, karena hampir tidak ada yang berniat atau terlibat dengan PPI karena jumlahnya kecil, Mas Radityo ditunjuk dan turut aktif membangkitkan PPI Estonia dan berkiprah di PPIDK Amerika Eropa sebagai anggota diskusi dan pembicara aktif. Kesannya pun di PPI seperti mendapatkan keluarga baru hingga sempat membuat resep makanan khas Estonia untuk resep PPIDK Amerika Eropa bulan Ramadhan bersama anggota lainnya.

Studi dan Beasiswa

University of Tartu

Kota besar di Estonia merupakan Kota Tallinn yang merupakan ibukota Estonia dan kota Tartu. Untuk University of Tartu sendiri, kebanyakan beasiswa tersedia hanya untuk program Master dan Doctoral (PhD). Benefitnya apa saja yang bisa didapatkan?

  1. Tuition-waiver Scholarship yaitu dibebaskan dari uang kuliah dengan syarat memenuhi minimum kredit kuliah atau SKS (ECTS sebutannya). Jika kalian dapat memenuhi, kalian dibebaskan dari biaya kuliah! Oke kan?
  2. Dora Plus Scholarship yaitu benefit dengan 350 EUR per bulan selama 10 bulan di tahun pertama kuliah dengan kemungkinan diperpanjang masa berlakunya dengan evaluasi akademik. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang cukup untuk para pelajar di Estonia karena biaya hidupnya tidak terlalu tinggi seperti negara eropa lainnya.
  3. Ministry of Foreign Affairs (MFA) scholarships
    (400 EUR per bulan untuk dua tahun, dengan total 20 bulan). Namun, kuota hanya tersedia sedikit.
  4. Refrensi lainnya kalian bisa cek di tautan di bawah ini.

·        http://www.studyinestonia.ee/en/scholarships

·        https://www.ut.ee/en/scholarship-information-all-levels

·        https://new.taltech.ee/en/scholarships

·        https://www.tlu.ee/en/scholarships

Benefit Kuliah/Studi di Estonia

Pemandangan salah satu area perkuliahan di University of Tartu

Biaya hidup yang relatif murah kurang dari 350 EUR per bulan merupakan salah satu pemikat utama kuliah di Estonia. Terutama akomodasi, transportasi, makanan, serta hiburan sudah dapat tercakup baik di biaya hidup tersebut! Jika kamu hadir tanpa beasiswa penuh, atau self-funded, Estonia merupakan pilihan yang menggiurkan.

Banyak startup baru lahir di Estonia, sehingga negara ini dijuluki sebagai Silicon Valley nya Eropa. Sebut saja Transferwise, Bolt, dan Pipedrive. Tiga startup unicorn tersebut lahir dari tangan orang-orang Estonia. Tak lupa, Skype juga lahir dari empat software engineer dari Estonia.

Sebagai mahasiswa internasional yang sudah memiliki Temporary Residence Permit (TRP) untuk studi, tidak dibutuhkan working permit terpisah untuk bekerja selagi berkuliah.  Tetapi, terdapat batasan jam kerja yaitu 20 jam per minggunya.

Negara dengan kebebasan berinternet yang tinggi selayaknya hak asasi manusia. Tinggal di student dorm, mahasiswa tidak perlu pusing dengan tagihan internet bulanan, karena disediakan secara cuma-cuma yaitu true unlimited dan high speed connection.

Kerjasama Estonia dengan Indonesia sebagai kesempatan masa depan

Sepengetahuan Enlik, belum ada informasi kerja sama di bidang pendidikan. Namun untuk bidang pariwisata, diketahui bahwa salah satu perusahaan Estonia bernama Positium bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia dalam rangka membantu pemerintah Indonesia meningkatkan potensi pariwisata lokal menggunakan Mobile Positioning Data (MPD) yang menjadi spesialiasinya Positium.

Referensi: http://www.positium.com/blog/partnership-bps-mpd-for-official-statistics-in-indonesia

Apply Visa Estonia? Susah? Berikut tahapan untuk untuk Apply Visa ke Estonia bagi WNI.

  • Tunggu Letter of Acceptance dari kampus yang dituju
  • Cari Estonian embassy terdekat (yang terdekat ada di Canberra, Beijing, dan Tokyo). Ya, benar. Tidak ada di Indonesia. Jadi kamu harus berpergian di antara tiga negara ini untuk mengurus. Disarankan untuk pergi ke Tokyo karena lebih cepat prosesnya.
  • Siapkan semua persyaratan untuk aplikasi visa pelajar. Untuk keterangan persyaratan apa saja yang diperlukan bisa dilihat melalui link https://www.politsei.ee/en/instructions/visa-and-extending-period-of-stay/long-term-visa.
  • Komunikasi (biasanya via email) dengan Embassy yang dtuju untuk mengatur jadwal konsultasi. Pastikan mereka available sebelum kamu berangkat ke sana.
  • Siapkan waktu dan budget untuk berangkat dan tinggal beberapa hari sambil menunggu aplikasi student visa disetujui.
  • Kurang lebih dalam waktu 3 hari, kamu akan menerima konfirmasi bahwa student visa kamu sudah disetujui.
  • Sebagai catatan, student visa di sini adalah “D-Visa Schengen” (yang biasanya digunakan untuk long-term study dan berlaku hanya untuk satu tahun). Biayanya sekitar 80 EUR di tahun 2019 ini. Dan setibanya di Estonia, kamu masih harus apply TRP (Temporary Residence Permit) untuk studi, persyaratan dan biayanya bisa dilihat di link berikut https://www2.politsei.ee/en/teenused/residence-permit/tahtajaline-elamisluba/oppimiseks/index.dot dan https://www.politsei.ee/en/instructions/state-fee-amounts/residence-permit-and-rights-of-residence  .

Apakah ada Work Permit setelah lulus kuliah?

  • Setelah lulus, semua mahasiswa internasional non-EU mendapatkan waktu tambahan sebanyak 9 bulan untuk mencari pekerjaan di Estonia dan mendapatkan Temporary Residence Permit (TRP) untuk bekerja.
  • Untuk mendapatkan TRP khusus bekerja tersebut, kamu harus sudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Proses aplikasinya membutuhkan kira-kira sekitar satu bulan.

Tips dan Trik Hidup di Estonia

Untuk biaya hidup yang terjangkau, bagaimana sih tinggal di Estonia per detil pengeluarannya?

Akomodasi