Telisik PPI Portugal – Eps.2

Pada kesempatan kali ini, tim Ameropnews berkesempatan mewawancarai narasumber dari PPI Portugal yaitu  Mas Yohanes Setiawan Nietadi yang biasa disapa dengan Mas Yohanes. Saat ini Mas Yohanes  berkuliah di Instituto Superior Técnico (PhD Advanced Program in Plasma Science and Engineering dengan topik khusus Nuclear Fussion) di bawah Instituto de Plasmas e Fusão Nuclear (IPFN) yang terletak di kota Lisbon.  Beliau memilih berkuliah di jurusan tersebut karena selain memiliki passion di bidang tersebut, background yang dimiliki juga sesuai, dimana sebelumnya Mas Yohanes mengambil master di  KAIST (Korean Advanced Institute of Science and Technology), Korea Selatan dengan jurusan Nuclear and Quantum Engineering dan S1 di ITB dengan jurusan Fisika (FMIPA). Tetapi, untuk apply perkuliahan di Portugal sendiri, tidak diwajibkan untuk memiliki background yang linear.  Beasiswa yang didapatkan Mas Yohanes untuk berkuliah berasal dari pemerintah Portugal yang bernama FCT Scholarship.

Alasan Mas Yohanes memilih Portugal sebagai negara tujuan studinya karena Portugal merupakan salah satu negara anggota yang tergabung dalam project pembuatan ITER (International Thermonuclear Experimental Reactor) dan DEMO, yang diikuti oleh beberapa negara di dunia yang meneliti tentang Nuklir Fusi untuk pembangkit listrik.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang studi dan kehidupan di Portugal, yuk kita berkenalan dulu dengan PPI Portugal!

Pada periode ini PPI Portugal diketuai oleh Mbak Ika Yuwiani Puspasari, yang biasa dipanggil dengan Mbak Puspa. Beliau saat ini sedang menempuh studi di MSc. Applied Clinical Pharmacoterapy-ESTeS de Coimbra dan Post Graduate Herbal Product & Medicines – Faculdade Farmacia, Univ. de Coimbra

 

Foto disamping merupakan foto saat Mbak Puspa dan PPI Portugal mengadakan Acara Pameran Budaya Indonesia di kota O Porto Bulan Maret tahun 2018 kemarin.

Mbak puspa diangkat sebagai ketua PPI Portugal dengan periode kepengurusan Oktober 2020 – September 2021. Alasan awalnya Mbak Puspa bersedia menjadi ketua karena merasa terpanggil, dimana sebelumnya beliau pernah menjadi kepala departemen jurusan farmasi di salah satu institusi pendidikan di Timor Leste. Saat ini PPI Portugal memiliki jumlah pengurus sebanyak 14 orang (termasuk ketua). Meskipun jumlah pengurus dan anggota tidak sebanyak di PPI negara lain, tetapi PPI Portugal sangat kompak sesuai dengan Jargon yang diperkenalkan PPI ini :

“Meskipun Sedikit, Tetapi Menggigit”

Jumlah student Indonesia sendiri yang berkuliah di Portugal saat ini berjumlah sebanyak 20 pelajar, yang tersebar di beberapa program. Diantaranya terdiri dari, S3: 5 orang, S2: 5 orang, S3 5 orang,  Sekolah Bahasa 20 orang, dan Sekolah Pilot sebanyak 2 orang yang mana untuk pelajar sekolah pilot tersebut merupakan angkatan terakhir karena untuk saat ini negara Portugal sudah memberhentikan beasiswa sekolah pilot kepada Indonesia.

Studi dan Beasiswa

Berikut adalah beberapa beasiswa yang tersedia di Portugal, silahkan klik pada tulisan beasiswa tersebut untuk keterangan lebih lanjut.

Benefit Kuliah/Studi di Portugal

Apa saja si benefit kuliah di Portugal? yuk mari kita simak:

Keuntungan untuk kuliah di negara Portugal ini salah satunya adalah terbukanya kesempatan untuk mengerjakan proyek-proyek internasional karena termasuk dalam negara anggota EU dan kurangnya sumber daya manusia untuk mengerjakan proyek-proyek tersebut.

Selanjutnya, untuk bidang – bidang tertentu, seperti Computer Science, Portugal adalah negara yang sangat berkembang dan rajin membuat event yang berkaitan dengan hal tersebut, seperti web summit yang diadakan setiap tahunnya di Portugal. Selain itu, biaya hidup yang tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya. Hal menarik lainnya, suasana multikultur yang memudahkan kita untuk mencari bahan-bahan masakan yang khas Asia, khususnya jka tinggal di Lisbon dan O Porto.

Selain itu dari sisi cuaca, cuaca di Portugal lebih hangat dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, bahkan hampir mirip dengan Indonesia, dimana pada umumnya apabila winter seperti musim hujan di Indonesia yang sering dihiasi hujan, sehingga setiap rumah di Portugal jarang dipasangi heater.

Dari segi kuliner,  bumbu-bumbu khas asia dan makanan halal sangat mudah di dapatkan disini, seafood juga banyak tersedia.

Tetapi, satu hal kekurangan di negara ini, yaitu untuk rute penerbangan dari Indonesia sangat terbatas, rute yang tersedia, yaitu Jakarta – Dubai/Qatar – Lisboa, banyak transit dua kali.

Kerja Sama Pemerintah Indonesia dengan Portugal

Di bidang pendidikan terdapat sebuah kerja sama berupa beasiswa seni dan budaya yang diberi nama Indonesian Arts and Culture Scholarship (IACS). Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk warga negara Portugal yang berminat untuk belajar seni dan budaya Indonesia.

Biaya Hidup

Untuk biaya hidup di Portugal tergolong terjangkau. Berikut rincian biaya hidup di Portugal.

Akomodasi

Photo by Burst from Pexels

Biaya dorm untuk wilayah Lisbon berkisar antara 300-400 euro/bulan tergantung jenis tipe yang disediakan dan jarak yang ditempuh ke kampus. Untuk dorm dengan sharing dapur dan kamar mandi biayanya 300 euro/bulan dengan luas sekitar 10-12 meter persegi. Untuk sharing dorm dengan jumlah penyewa yang lebih sedikit harganya antara 340-350 euro. Apabila menginginkan fasilitas kamar mandi dalam, biayanya naik menjadi 400 euro. Untuk dorm yang paling dekat dapat ditempuh dalam waktu hanya 5 menit menuju kampus.  Sementara untuk dorm yang letaknya lebih jauh yang mana harus menyebrangi sungai Targus terlebih dahulu tetapi dengan fasilitas yang sama dipatok harga antara 200-250 euro.

Selain itu, untuk biaya dorm di kota lain, di kota O Porto dikenakan 350-360 euro dengan 1 flat sebanyak 3 kamar, Sementara di kota Braga harga flat nya lebih murah yaitu 160 euro yang dilengkapi dengan 1 dapur, 2 kamar mandi, dengan jumlah 13 kamar dengan pintu lift yang masih tradisional.

Transportasi

Yellow  Tram in Portugal   

Photo by Lisa Potios from Pexels

Mengenai Public Transportation, di Lisbon terdapat kartu transport dengan beberapa sistem berkisar 30 euro per bulan dengan akses unlimited untuk jangkauan dalam kota, sementara untuk menjangkau seluruh Portugal dikenakan  40 euro per bulan. Harga tersebut berlaku untuk tarif usia produktif, untuk anak-anak tarifnya lebih murah.

Makanan

Untuk urusan perut, biaya bahan makanan di Lisbon cukup terjangkau, belanja mingguan menghabiskan 15-20 euro, dengan harga beras 70 cent – 1 euro/kg. Apabila ingin mencicipi makanan di resto cukup merogoh kocek antara 10-12 euro.

Hiburan

Suka nonton film di bioskop? tenang, terdapat diskon buat student dari harga normal 10 euro menjadi 5-6 euro. Selain menonton bioskop, hiburan lainnya yaitu mengunjungi museum. Kebijakan setiap museum di Portugal berbeda-beda, dimana ada yg setiap minggu pertama gratis untuk residence, sementara di minggu lain untuk student yang memiliki student card akan mendapat potongan harga.

Telepon

Untuk tarif student tarif internet dihargai 5 euro khusus provider tertentu dengan kapasitas 10gb. Normalnya untuk mendapatkan paket internet sebesar 1 gb, kita harus merogoh kocek sebesar  13-14 euro.

Rangkuman Biaya Hidup:

Untuk biaya hidup per bulan dapat simpulkan bahwa:

  1. Akomodasi: 200-360 Euro
  2. Makanan: 60-80 Euro
  3. Transportasi: 30-40 Euro
  4. Telepon: 13-14 Euro
  5. Hiburan: 5-10 Euro (tentatif)

Biaya Perpanjangan Residence Card

Untuk biaya perpanjangan residence card tarifnya bergantung pada beasiswa yang didapatkan. Untuk tarif normal biaya yang dikenakan sebesar 100 euro per tahun, sementara untuk student yang mendapatkan beasiswa FCT, biaya yang harus dikeluarkan 50 euro per tahun.  Kemudian, untuk asuransi kesehatan bisa didapatkan gratis tetapi kita harus mengurusnya ke pihak negara Portugal. Namun, ada juga asuransi kesehatan swasta yang berbayar dengan rentang biaya 15-20 euro per bulan.

Tips dan Trik tambahan tinggal di Portugal

  • Belajar Bahasa lokal selalu akan memudahkan kehidupan kita, sekalipun di Portugal banyak orang lokal yang bisa mengerti Bahasa Inggris (terutama di kota Lisbon).
  • Jika bisa memasak (sekalipun yang sangat sederhana) sangat membantu untuk meringankan biaya hidup di sini dan banyak tempat tinggal yang memperbolehkan residennya untuk memasak.

Portugal Sebagai Negara dengan Energi Terbarukan

Pada perkiraan waktu bulan Maret 2019  selama 1 bulan tersebut energi listrik di Portugal berasal hanya dari energi terbarukan. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di tautan link berikuthttps://theculturetrip.com/europe/portugal/articles/portugal-is-leading-the-way-in-renewable-energy-heres-why/ 

Edisi Spesial Portugal: Objek wisata menarik di Sintra

Foto Mas Yohanes bersama teman-temannya di Palacio da Pena di Sintra

Portugal adalah salah satu negara yang terletak di ujung barat daya daratan Eropa yang memiliki iklim subtropis. Portugal sendiri terdiri dari bagian yang berada di daratan Eropa (mainland) dan 2 kepulauan yaitu Madeira dan Açores. Negara ini terkenal dengan dengan negara yang multikultur di kalangan negara-negara Eropa lainnya dan itu bisa dilihat langsung dari komunitas yang ada, juga dari gedung-gedung bersejarahnya juga. Salah satu yang dapat dilihat adalah kastil-kastil di Sintra yang merupakan peninggalan raja Portugal. 

Foto Salah Satu Kastil di Sintra yang Memiliki Pengaruh Budaya Muslim

Di Sintra, ada banyak kastil yang bergaya eropa, tetapi juga ada kastil yang memperoleh banyak pengaruh dari budaya muslim yang pernah menduduki Andalusia, termasuk Portugal, bahkan sampai saat ini, di beberapa kastil masih mengibarkan bendera bertuliskan Arabic seperti gambar di bawah ini. Selain itu, di Portugal ada juga kota Fatima yang terkenal dengan wisata religi kristiani. Untuk wisata alamnya, Portugal dikenal sebagai negara yang berbukit-bukit dan memiliki pantai yang berair dingin untuk pantai-pantai di sebelah barat dan berair hangat di bagian selatan. Selain destinasi wisata tersebut, masyarakat Portugal terkenal ramah di kalangan negara Eropa dan jika di daerah Lisbon, banyak orang yang bisa berbahasa Inggris menjadikannya semakin bersahabat untuk para pelancong. Singkatnya, negara Portugal dapat menjadi destinasi wisata yang sangat bersahabat untuk para pelancong.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut dan bertanya-tanya, kamu bisa kontak ke instagram PPI Portugal beserta website mereka!

Instagram: https://www.instagram.com/ppi_portugal/

Website: https://portugal.ppi.id/

—————————

Penulis

Octanty Mulianingtyas

Master of Software Engineering, University of Tartu, Tartu, Estonia.

Kontak: ameropnews@amerop.ppi.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *